Manfaat Konsumsi Buah Berry Yang Banyak Mengandung Nutrisi

Manfaat Konsumsi Buah Berry Yang Banyak Mengandung Nutrisi

Manfaat Konsumsi – Tahukah Anda ada banyak jenis buah berry? Buah berry adalah salah satu jenis buah paling menyehatkan yang dapat kamu makan kapan saja. Terdapat banyak sekali tipe buah beri beserta manfaatnya untuk kesehatan, ketahui dalam artikel ini.

Jenis Buah Berry dan Manfaatnya

Buah berry adalah buah dengan sumber vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi. Buah berry memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, namun sangat menyegarkan. Biasanya buah beri-berian diolah menjadi selai, minuman, atau pelengkap makanan ringan.

Buah beri-berian berbentuk kecil, bulat, dan memiliki berbagai warna seperti merah, ungu, dan biru. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis buah berry yang tumbuh di seluruh dunia, namun hanya beberapa jenis berry yang aman untuk dimakan.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang jenis buah berry dan manfaatnya untuk kesehatan, yaitu:

1. Buah Stroberi

Stroberi adalah jenis beri yang paling umum dan mudah didapatkan di pasaran. Buah stroberi memiliki rasa yang sedikit asam, manis, dan segar. Buah kecil merah ini adalah sumber vitamin C yang sangat tinggi.

Selain vitamin C, kandungan nutrisi stroberi dalam satu sajian seberat 144 gram, yaitu:

46 gram kalori
3 gram serat
24% mangan dari konsumsi harian
97% vitamin C dari konsumsi harian
Manfaat stroberi untuk kesehatan banyak sekali, diantaranya adalah untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung, mengurangi efek peradangan, serta mengontrol kadar gula darah.

Buah stroberi juga sangat bagus untuk kecantikan Anda karena mengandung antioksidan yang tinggi sebagai agen anti-ageing dan merawat kesehatan kulit. Manfaat buah stroberi selanjutnya adalah untuk diet sehat karena dalam satu takar penyajian stroberi hanya mengandung 46 gram kalori serta dapat melancarkan metabolisme tubuh.

2. Buah Blueberry
Blueberries in garden

Jenis buah berry yang selanjutnya adalah blueberry. Buah beri ini mungkin menjadi buah kesukaan Anda yang enak dan kaya akan nutrisi. Kandungan utama buah berry adalah vitamin K.

Dalam satu takar sajian buah blueberry sebanyak 148 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

84 gram kalori.
16% vitamin C dari konsumsi harian.
24% vitamin K dari konsumsi harian.
22% mangan dari konsumsi harian.
4 gram fiber.
Antioksidan polifenol.
Flavonoid.

Manfaat buah berry ini adalah untuk melindungi diri Anda dari radikal bebas dan mengurangi faktor risiko kanker serta penuaan dini karena blueberry memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi.

3. Buah Raspberry

Terdapat dua jenis raspberry yaitu raspberry merah dan raspberry hitam. Raspberry memiliki rasa manis dan agak asam. Mungkin jenis buah beri ini agak sulit didapatkan di pasaran, namun buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga : 5 Durasi Saat Menumis Sayuran yang Perlu Kamu Perhatikan, Catat Ya!

Dalam satu takar sajian buah raspberry sebanyak 123 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

64 gram kalori.
8 gram serat.
36% vitamin C dari konsumsi harian.
8% vitamin K dari konsumsi harian.
36% mangan dari konsumsi harian.
Antioksidan polifenol.

Manfaat buah berry ini adalah untuk membantu sel-sel tubuh dalam melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi kesehatan terkait dengan risiko kanker, penyakit jantung, dan risiko diabetes.

Buah raspberry juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit karena mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berguna sebagai anti penuaan, menambah produksi kolagen, serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang terpapar dari sinar UV.

4. Buah Cranberries

Jenis buah beri-berian selanjutnya yang memiliki banyak nutrisi adalah buah cranberries. Buah cranberries memiliki rasa yang asam karena itu jarang ada orang yang mengkonsumsinya secara langsung. Walaupun asam, buah cranberries memiliki banyak kandungan nutrisi alami, loh!

Dalam satu takar sajian buah cranberries sebanyak 110 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

46 gram kalori.
3,6 gram serat.
12% mangan dari konsumsi harian.
16% vitamin C dari konsumsi harian.
Antioksidan polifenol.

Manfaat cranberries yang paling besar adalah untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberries memiliki agen untuk mencegah bakteri E. coli agar tidak menempel di saluran kemih yang menyebabkan infeksi.

Jus cranberries juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol, menjaga kadar gula darah, serta menangani stres oksidatif.

5. Buah Anggur

Tahukah Anda bahwa anggur juga termasuk dalam kelompok beri-berian? Anggur memiliki rasa yang manis dan bisa Anda makan secara langsung. Anggur juga sering dibuat olahan lainnya seperti jus, cuka, kismis, dll.

Dalam satu takar sajian buah anggur sebanyak 151 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

104 gram kalori.
1,4 gram serat.
5% vitamin C dari konsumsi harian.
18% vitamin K dari konsumsi harian.
Ekstrak polifenol.

Berbagai penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak manfaat anggur untuk mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, menjaga kolesterol, menurunkan kadar gula darah, serta mencegah perkembangan sel kanker. Manfaat buah berry ini juga bagus untuk kesehatan mata, otak, dan tulang.

6. Buah Blackcurrant

Blackcurrant adalah jenis buah beri-berian selanjutnya yang mungkin sering Anda konsumsi dalam bentuk olahan selai, jus, puding, serta perisa minuman. Blackcurrant memiliki rasa yang sedikit asam serta menyegarkan.

Seperti buah beri-berian sebelumnya, blackcurrant juga memiliki banyak sekali nutrisi, yaitu:

Antosianin
Zat polifenol
Antioksidan
Vitamin C
Gamma-linolenic acid (GLA)
Vitamin A
Vitamin B-5
Vitamin B-6
Vitamin B-1
Vitamin E

Manfaat buah berry yang satu ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, memelihara kesehatan ginjal, mata, dan usus. Buah blackcurrent juga berkhasiat untuk mengatasi kondisi kulit kering, gatal, dan sensitif.

National Psoriasis Foundation bahkan menganjurkan mengonsumsi blackcurrant untuk meredam gejala psoriasis. Wah, banyak sekali manfaat buah berry ini walaupun agak sulit mendapatkannya di pasaran.

7. buah Blackberry

Hampir sama dengan blueberry, blackberry terkenal karena manfaat kecantikan dari kandungan nutrisi alami di dalamnya. Blackberry mengandung vitamin K, serat, dan mangan.

Blackberry juga mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Manfaat buah berry ini adalah untuk meregenerasi kulit, menyembuhkan luka lebih cepat, mencegah berbagai penyakit kulit, serta sangat potensial untuk melawan radikal bebas.

8. Buah Acai Berry

Acai berry mungkin bukan jenis buah berry yang populer di sini, ya. Acai berry atau palem acai tumbuh di daerah Brasil. Acai berry merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi bahkan 10 kali lebih banyak dari kandungan antioksidan di blueberries.

Manfaat buah berry ini adalah untuk mengatasi kolesterol, mengurangi gejala osteoarthritis, mengontrol kadar gula darah, serta mengurangi efek stres oksidatif. Acai berry juga sangat bagus untuk kesehatan kulit Anda seperti meregenerasi sel-sel kulit mati dan melembapkan kulit.

Wah, banyak sekali manfaat buah berry untuk kesehatan dan kecantikan. Anda dapat mengkonsumsi buah berry secara langsung atau dibuat olahan sehat seperti jus atau salad dengan tambahan yogurt. Buah berry juga dapat menjadi alternatif apabila Anda tidak suka buah karena rasa buah berry yang manis dan menyegarkan.

Sumber

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *