Manfaat Belerang Untuk Kesehatan kulit can kecantikan

Manfaat Belerang – Apakah Anda memiliki masalah kulit? Pernah mendengar manfaat belerang untuk kulit? Ya, belerang adalah salah satu zat kimia yang cukup dikenal karena memiliki khasiat bagi kesehatan terutama untuk kulit dan kecantikan.

Ingin tahu lebih dalam mengenai manfaat belerang untuk kulit dan kecantikan? Simak selengkapnya melalui penjelasan di bawah ini. Selain itu, ketahui juga beberapa informasi terkait belerang atau sulfur.

Apa itu belerang atau sulfur?

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan kulit can kecantikan

Belerang adalah sebuah unsur atau zat kimia yang termasuk ke dalam unsur non-logam, tidak memiliki rasa tetapi memiliki aroma yang khas. Di alam bebas, belerang tersedia dalam bentuk sulfat.

Aslinya, belerang berbentuk kristal padat yang memiliki warna kekuningan. Sulfur atau belerang terdapat di semua jaringan mahluk hidup bahkan unsur kimia ini cukup melimpah di dalam tubuh manusia.

Manfaat belerang untuk kulit dan kecantikan

Apakah Anda pernah menden1gar orang-orang yang merekomendasikan atau melakukan mandi belerang? Belerang memang termasuk ke dalam zat kimia yang memiliki manfaat untuk kulit dan kecantikan. khasiat belerang untuk kulit ini bukanlah isapan jempol.

Semakin penasaran untuk tahu apa saja manfaat belerang untuk kulit dan kecantikan? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengobati jerawat

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan kulit can kecantikan

Apakah Anda memiliki masalah wajah berjerawat? Sudah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat tetapi jerawat masih belum hilang juga? Saatnya bagi Anda membuktikan manfaat belerang yang bisa mengobati jerawat.

Sulfur atau belerang sudah banyak dipakai untuk menjadi salah satu komponen penting di dalam produk-produk perawatan kulit terutama acne skincare. Manfaat belerang untuk kulit yang berjerawat bisa membantu mengurangi jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain itu, pengobatan jerawat yang menggunakan belerang tidak akan menimbulkan iritasi kulit selama sesuai dosis yang tepat. Dengan menggunakan belerang pada wajah berjerawat maka jerawat hilang tetapi kulit tetap aman dari iritasi.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan kulit can kecantikan

Sama seperti sel darah merah yang memiliki batas usia, sel-sel kulit baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya juga bisa mati. Akan tetapi, tidak seperti sel darah merah mati yang tak nampak, penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat kulit menjadi kusam.

Sel-sel kulit yang mati ini harus segera dibersihkan. Salah satu cara termudah yang tanpa disadari adalah dengan cara mandi. Namun, mandi saja tidak cukup untuk menghilangkan semua tumpukan sel-sel kulit mati.

Penggunaan belerang mampu menjadi solusinya karena manfaat belerang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik. Hal ini dikarenakan belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel-sel kulit mati sampai bersih.

3. Mengatasi penyakit rosacea

Manfaat Belerang Untuk Kesehatan kulit can kecantikan

Jika Anda sedang mengalami sebuah penyakit kulit bernama penyakit rosacea maka gunakalah belerang untuk mengobatinya. Penyakit rosacea yang memiliki gejala kemerahan pada wajah diakibatkan oleh bakteri dan radang.

Sulfur atau belerang memiliki sifat anti-peradangan dan anti-bakteri. Penggunaan belerang pada wajah yang mengalami penyakit rosacea bisa meredakan peradangan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Mengobati penyakit eksim

Tidak hanya bisa mengobati jerawat, manfaat belerang untuk kulit juga bisa untuk mengobati penyakit eksim. Bagi Anda yang menderita penyakit eksim maka gunakanlah belerang pada bagian yang terdapat eksim.

Baca Juga : 6 Kulit Buah dan Sayur ini Bisa Diolah Dan Punya Banyak Manfaat

Belerang bersifat antiinflamasi dan terapeutik dan bisa meredakan peradangan dan gatal-gatal akibat kekeringan kulit. Penggunaan belerang secara teratur bisa segera mengobati penyakit eksim Anda.

5. Menyembuhkan ketombe

Anda punya masalah ketombe di kulit rambut? Anda bisa menggunakan belerang atau sulfur karena belerang tidak hanya memiliki manfaat untuk kulit dan kecantikan wajah saja tetapi juga bermanfaat untuk kulit rambut.

Belerang bisa melakukan tindakan eksfoliasi pada kulit rambut yang terdapat tumpukan ketombe. Penggunaan belerang pada rambut secara teratur bisa menghilangkan ketombe di rambut. Anda bisa menggunakan belerang di kulit kepala sebelum tidur.

6. Membersihkan kotoran yang di pori-pori

Manfaat belerang untuk kulit bisa membersihkan pori-pori kulit. Penerapan belerang pada kulit akan membuat bakteri-bakteri yang ada di dalam pori-pori tertarik keluar. Selain itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan keluar pori-pori.

Pori-pori pun menjadi bersih dan bebas dari sumbatan akibat bakteri, minyak, atau pun kotoran lainnya. Selain itu, manfaat belerang yang satu ini juga bisa mempercantik penampilan Anda karena pori-pori yang bersih.

7. Bisa buat wajah awet muda?

Belerang memang memiliki manfaat untuk kulit dan kecantikan. Namun, apakah manfaat belerang untuk kulit juga bisa bertindak sebagai anti-aging yang bisa membuat Anda terlihat awet muda?

Ya, manfaat belerang bisa sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan belerang merupakan unsur penting di dalam produksi kolagen. Jadi, kehadiran belerang baik di dalam tubuh maupun di permukaan kulit bisa meningkatkan produksi kolagen yang efektif bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Wajah Anda pun terlihat lebih muda dari usia.

Efek samping belerang terhadap kulit

Meskipun telah disebutkan beberapa manfaat belerang untuk kulit tetapi Anda juga harus waspada terhadap kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan belerang pada kulit.

Efek samping belerang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sebenarnya, penggunaan dalam dosis yang tepat bisa menurunkan risiko ini. Di samping itu, penggunaan belerang secara oral memungkinkan terjadinya masalah pencernaan diare.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat dan informasi keamanan. Sebaiknya para bayi, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak menggunakan belerang secara oral maupun topikal sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Sumber

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *