Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Kebiasaan Buruk – Lapisan email gigi adalah material terkuat pada tubuh manusia. Tapi walau pun kuat, gigi manusia juga bisa rusak. Karena gigi susu telah tanggal sejak usia anak-anak, kita harus berpikir ulang jika ingin membuka sesuatu dengan gigi, karena jika ada masalah pada gigi saat dewasa, hampir mustahil tumbuh kembali.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang sering tidak kita sadari bisa berdampak pada kesehatan gigi kita.

1. Sering mengonsumsi produk berwarna gelap

Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Minum kopi, anggur, teh hitam, atau produk lain yang banyak mengandung tannin akan memicu senyawa berwarna itu menempel dan menimbulkan kuning pada gigi. Selain itu, produk makanan seperti beri-berian, tomat, es krim, dan permen juga bisa menimbulkan noda atau plak pada gigi.

2. Cara gosok gigi yang tidak benar

Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Jangan menggosok gigi terlalu keras karena bisa membahayakan gigi dan gusi, memicu sensitivitas gigi. Hanya menggosok sisi kanan dan kiri gigi tidaklah cukup, tapi harus dimulai dari gusi bagian atas dan bawah secara bergantian. Lakukanlah selama 2 menit dan pastikan kita menggosok spot-spot yang sulit dicapai.

Baca Juga : 5 Jenis konsumsi penyembuh insomnia secara alami

Jangan langsung menggosok gigi setelah makan. Sisa makanan yang masih menempel banyak mengandung asam yang bisa merusak gigi, langsung menggosok gigi bisa menyebabkan asam menyusup ke sela-sela terdalam gigi. Tunggu sejenak sambil membersihkan sisa makanan dalam mulut dengan benang (flossing).

3. Menggunakan gigi untuk membuka sesuatu

Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Menggunakan gigi sebagai alat untuk membuka tutup botol minuman atau merobek bungkus snack mungkin menyenangkan. Tapi tentu saja hal itu tidak baik untuk gigi, bisa saja gigi patah atau tanggal.

4. Punya kebiasaan buruk menggigit sesuatu

Kebiasaan Buruk Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Menggigit kuku bisa membahayakan gusi dan bisa saja menyebabkan gigi kita goyah secara perlahan lalu tanggal. Selain itu, suka menggigit sesuatu yang tidak layak, seperti pensil dan pulpen juga bisa menimbulkan dampak yang sama.

5. Membersihkan sisa makanan dengan cara yang tidak benar

Membersihkan sisa makanan atau plak dengan benang (flossing) pada gigi bisa mencegah penyakit pada gusi. Namun, beberapa orang melakukannya dengan tidak benar, justru menyebabkan plak masuk lebih dalam di antara sela gigi. Kesalahan lain adalah melakukan flossing dengan gerakan seperti menggergaji, yang justru bisa melukai gusi.

6. Makan snack terus-terusan

Jika kamu makan snack terus-terusan, asam dari makanan itu akan punya lebih banyak waktu kontak dengan gigimu dan bisa membahayakan, karena memicu gigi berlubang.

7. Memutihkan gigi dengan cara yang tidak benar

Cara paling aman memutihkan gigi adalah dengan menemui dokter ahli. Jika kamu memutuskan beli produk pemutih gigi dan melakukan prosedurnya sendiri, pastikan kamu melakukannya dengan benar. Risikonya mungkin saja sensitivitas gigi bertambah atau justru merusak gusi. Konsultasi dengan dokter gigi lebih dulu, khususnya jika kamu punya masalah gigi, seperti gigi berlubang atau gusi sakit.

Apakah kamu punya kebiasaan di atas yang bisa membahayakan gigimu? Akan kah kamu bisa mengubah kebiasaan itu?

SUMBER

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *