Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Cara mengurangi mata minus – Generasi milenial saat ini dituntut untuk banyak berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam alat elektronik. Perlu kamu ketahui, kegiatan yang sering dianggap sepele bisa saja menjadi penyebab utama terjadinya mata minus.

Seperti saat kamu menatap komputer secara berlebihan, menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat, kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga dapat menjadi penyebabnya. Mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya dan ingin segera menyembuhkannya.

Mata minus merupakan penyakit mata yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak penelitian mengatakan, masyarakat kota memiliki banyak risiko mengalami mata minus daripada masyarakat pedesaan. Hal ini terjadi karena pada umumnya masyarakat kota banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Seperti membaca buku di ruang minim cahaya atau berselancar di dunia maya dengan durasi yang lama.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyembuhkan mata minus, seperti dengan senam mata. Berhubung banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk senam mata, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber 10 cara mengurangi mata minus secara mudah tanpa efek samping, Selasa (8/10).

1. Konsumsi wortel

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Mengonsumsi wortel adalah salah satu pilihan yang banyak digunakan. Wortel mengandung betakaroten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat baik untuk kesahatan mata. Dengan mengonsumsi 2 gelas jus wortel sehari selama 1 bulan dapat membantu mengurangi mata minus.

2. Daun sirih

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Mengurangi mata minus dengan menggunakan daun sirih juga menjadi solusi yang bisa kamu coba. Siapkan 2 lembar daun sirih segar yang telah dicuci. Kemudian tempelkan daun sirih tersebut pada mata sebelum tidur dan lepaskan pada pagi harinya.

3. Konsumsi jus lidah buaya

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Kandungan gizi yang dimiliki lidah buaya dipercaya dapat mengurangi mata minus. Kamu dapat mengonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan herbal lainya seperti lemon dan madu.

4. Konsumsi jus buah bit

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Buah bit dapat membantu menyembuhkan mata minus yang sudah tinggi atau parah. Kamu hanya perlu meminum jus buah bit dengan mencampurkan buah belimbing atau wortel untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Baca Juga : Manfaat konsumsi kacang mete yang jarang di ketahui

5. Menjemur mata di pagi harinya

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Kegiatan menjemur mata merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus. Kamu bisa melakukan ini dengan cara menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari hingga kamu merasa hangat. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Melepas kacamata

Cara mengurangi mata minus tanpa efek samping

Lepaskan kacamata ketika kamu sudah tidak memerlukannya lagi. Hal ini dapat membantu mengurangi minus mata agar mata tidak bergantung pada kacamata saat melihat. Menggunakan kacamata akan membuat mata terbiasa fokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata. Sehingga dapat membuat otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak.

7. Latihan fokus menggunakan telunjuk

Mencoba untuk memfokuskan mata pada satu titik adalah cara mudah untuk mengurangi mata minus. Kamu hanya perlu menggunakan jari telunjuk untuk menjadi titik fokus. Cara melakukannya, kamu hanya perlu meletakkan jari telunjuk 10 cm dari hidung. Kemudian fokuskan pandangan ke arah telunjuk, lalu alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Lakukan hal ini tanpa menggeser kepala dan ulangi hingga 10 kali sehari.

8. Senam mata

Cara mengurangi mata minus dapat kamu lakukan dengan latihan senam mata. Ketika kamu beraktivitas seharian, maka mata akan merasa lelah, hal ini membuat kecacatan mata seperti mata minus. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik.

9. Terapi lilin

Ini merupakan cara tradisional yang dapat kamu lakukan. Menggunakan lilin dipercaya mampu menyembuhkan mata minus dengan cepat. Kamu hanya perlu menatap cahaya lilin selama beberapa menit. Usahakan saat menatap lilin kamu tidak berkedip sampai air mata keluar. Saat air mata sudah keluar, kamu bisa berhenti dan ulangi lagi keesokan harinya.

10. Lakukan eye palming

Latihan ini hampir mirip dengan menjemur mata. Eye palming ini dilakukan dengan cara menggosokkan kedua tangan hingga terasa panas kemudian tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut. Teknik ini bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja saat kamu merasa mata lelah.

SUMBER

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *