Beginilah Cara Kopi Bisa Mencegah Diabetes

Beginilah Cara Kopi Bisa Mencegah Diabetes

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi termasuk dalam minuman yang paling digemari banyak orang. Tak hanya rasanya yang nikmat, kopi juga tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bahkan, rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan signifikan.

Cara Kopi Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University dilakukan dengan melibatkan 100 ribu orang selama 20 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, tepatnya empat tahun sekali. Hasilnya adalah, mereka yang rutin minum kopi lebih dari satu gelas setiap hari memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah 11 persen. Menariknya, mereka yang minum kopi dalam jumlah yang lebih sedikit, risiko terkena diabetes justru mengalami kenaikan hingga 17 persen.

Banyak orang yang menduga jika dampak ini disebabkan oleh adanya kafein di dalam kopi, namun para peneliti justru menyebut kafein justru bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam waktu yang singkat. Meskipun begitu, para peneliti menyebut tubuh sepertinya bisa beradaptasi dengan keberadaan kafein dan kandungan antioksidan di dalam kopi sehingga justru bisa mendapatkan manfaat berupa terjaganya sensitivitas insulin dan kadar gula darah sehingga menurunkan risiko diabetes.

Para peneliti juga menyebut tidak sembarang kopi bisa membantu kita menurunkan risiko diabetes. Jika kita mengonsumsi kopi dengan tambahan gula atau kopi sachetan yang biasanya secara alami sudah diberi gula tambahan, bisa jadi justru akan membuat risiko diabetes naik jika terlalu sering dikonsumsi. Sebaiknya kita mengonsumsi kopi hitam yang jauh lebih sehat tanpa tambahan gula.

Penderita Diabetes Justru Tidak Disarankan Minum Kopi

Bagi orang sehat, rutin minum kopi dalam jumlah tertentu memang bisa membantu menurunkan risiko diabetes, namun bagi orang yang sudah menderita diabetes, konsumsi kopi justru sebaiknya tidak dilakukan. Pakar kesehatan menyebut hal ini bisa saja membahayakan kondisinya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah hasilnya dalam jurnal Diabetes Care pada 2004 silam, disebutkan bahwa jika penderita diabetes tipe 2 minum kopi sebelum makan, bisa jadi akan membuat kadar gula darah dan resistensi insulin meningkat. Jika hal ini sering terjadi, dikhawatirkan bisa membuat risiko terkena komplikasi diabetes naik.

Jangan Sembarangan Memilih Kopi

Meskipun secara umum baik bagi kesehatan, pakar kesehatan menyebut budaya minum kopi yang cenderung semakin populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda, ternyata juga bisa memberikan kerugian tersendiri, lho. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan orang yang lebih menggemari kopi sachetan atau kopi dari kafe yang diberi tambahan topping yang belum tentu baik bagi kesehatan.

Di kafe-kafe, kita tentu bisa menemukan kopi yang diberi tambahan krimer atau sirup yang membuat rasa kopi semakin nikmat. Sayangnya, topping ini membuatnya memiliki kadar kalori yang tinggi. Jika terlalu sering mengonsumsinya, dikhawatirkan akan membuat berat badan naik. Risiko terkena berbagai masalah kesehatan seperti diabetes juga dikhawatirkan akan ikut naik.

Jika saat mengonsumsi kopi dengan tambahan topping ini kita juga makan makanan yang kurang sehat seperti kue atau gorengan, dampaknya bagi tubuh tentu akan semakin tidak sehat.

Mengonsumsi kopi dengan berlebihan juga bisa memberikan efek kurang baik bagi tubuh. Sebagai contoh hal ini bisa saja menyebabkan datangnya sakit kepala, tubuh yang gelisah, hingga susah untuk tidur di malam hari jika dikonsumsi di waktu malam. Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita lebih cermat dalam minum kopi demi mencegah efek sampingnya.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *