Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

Bagian Daging Sapi – Siapa yang mampu menolak kelezatan steak? Makanan yang diolah dari daging yang dibumbui kemudian di panggang ini memang begitu menggoda ya? Ditambah pelengkapnya seperti kentang goreng, salad sayur dan bumbu khas steaknya itu lho yang bikin gak bisa nahan lapar.

Kamu suka penasaran gak, kalau sedang beli steak ada yang namanya sirloin, tenderloin, rib eye, apa bedanya sih? Buat kamu para penggemar steak pasti sudah tahu dong.

Nah, buat kamu yang belum tahu yuk simak bagian-bagian daging sapi yang biasa untuk membuat steak ini. Biar gak salah pilih lagi kalau lagi jajan steak. Ataupun buat referensi, kali aja kamu mau masak steakmu sendiri di rumah.

1. Sirloin

Sirloin ini biasa disebut dengan daging sapi has luar atau bagian punggung luar dekat paha belakang. Daging dirloin terasa lebih keras dibandingkan dengan tenderloin, harganya pun lebih murah. Namun, citarasa steak sirloin cukup unik karena memiliki lemak yang menempel di salah satu sisi atau sekeliling daging yang membuat rasanya lebih gurih.

2. Tenderloin

Tenderloin disebut juga daging has dalam. Bagian daging yang diambil merupakan bagian dalam ke belakang badan sapi yang dekat dengan ekor. Nah, tenderloin mempunyai tekstur yang lembut lho setelah diolah, sesuai dengan namanya “tender”. Selain lembut, tenderloin mempunyai kadar lemak yang rendah jika dibandingkan dengan sirloin.

3. Rib eye

Rib eye atau biasa disebut Fillet Scotch merupakan bagian daging sapi yang terletak di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Rib eye punya banyak lemak pada dagingnya yang membuat daging lebih lezat dan menghasilkan rasa yang juicy.

Baca Juga : Tips Sehat Makan Daging Kambing

Tak hanya lezat, daging rib eye biasanya dipotong dalam ukuran yang besar lho. Itulah sebabnya jenis steak ini menjadi salah satu kegemaran para pecinta steak.

4. T-Bone

Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

T-Bone diperoleh dari punggung bagian dalam sampai bawah memotong tulang punggung. Nah di tengah dagingnya terdapat tulang berbentuk huruf T. Yang membuat unik, di antara tulang tersebut terdapat dua bagian daging yang berbeda. Satu sisi merupakan bagian dari tenderloin dan sisi lainnya merupakan daging striploin. Perpaduan kedua bagian yang berbeda inilah yang membuat daging terasa gurih dan lembut.

5. Flank

Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

Flank merupakan daging sapi yang berasal dari otot perut. Dagingnya berbentuk panjang dan datar namun kurang lunak, saat dikunyah terasa sedikit keras. Nah karena teksturnya yang sedikit keras ini ada baiknya sebelum memasak dipukul-pukul dulu ya.

6. Round

Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

Round merupakan daging yang berasal dari bagian paha belakang sapi. Ada beberapa bagian, namun yang biasa digunakan untuk memasak steak ini adalah bagian tanjung. Tanjung berbentuk lembaran tipis dengan sedikit bagian lemak di pinggirnya dan teksturnya cukup alot. Nah, untuk menghindari daging yang alot, perhatikan saat proses pemotongannya ya, baiknya searah dengan arah serat daging.

7. Chuck

Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak

Bagian yang diambil dari bagian leher hingga ke bagian atas paha sapi ini mempunyai teskturnya yang kenyal. Selain itu bagian ini mempunyai tekstur yang berurat serta kasar sehingga kamu juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk membiarkan dagingnya menjadi lebih empuk.

Nah, udah gak penasaran lagi kan? Kamu udah coba yang mana aja nih?

SUMBER

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *