8 Makanan Setelah Olahraga agar Kembali Berstamina

8 Makanan Setelah Olahraga agar Kembali Berstamina

Makan makanan setelah olahraga memang sangat diperlukan. Pasalnya, aktivitas olahraga sangat melelahkan. Sehingga, dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang membantu menggantikan energi yang hilang. Simak makanan apa saja yang disarankan untuk Anda konsumsi sehabis berolahraga berikut ini!

Makan Makanan Setelah Olahraga, Seberapa Penting?

Seperti yang sudah dijelaskan, makan setelah olahraga berfungsi untuk mengganti energi yang terpakai saat Anda melakukan aktivitas fisik yang satu ini. Sehingga ketika ditanya seberapa penting makan sehabis berolahraga, jawabannya adalah tentu saja penting.

Selain itu, alasan mengapa makan setelah berolahraga menjadi sangat penting adalah sebagai berikut:
  • Asupan makanan berfungsi untuk memperbaiki sel-sel glikogen yang rusak. Sel glikogen merupakan ‘bahan bakar’ bagi otot saat berolahraga
  • Asupan makanan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan otot-otot baru
  • Asupan makanan berfungsi untuk mencegah kerusakan protein otot
Jenis-jenis Makanan Setelah Olahraga, Apa Saja?

Makan setelah olahraga memang diwajibkan, namun Anda juga tidak bisa sembarangan dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Makanan-makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak jadi yang disarankan. Lantas, apa saja jenis-jenis makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut? Simak informasinya berikut ini!

1. Susu Cokelat

Di tempat pertama ada susu cokelat. Susu cokelat sangat cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Pasalnya, minuman ini mengandung protein, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya seperti potasium. Kandungan tersebut dipercaya mampu memulihkan kondisi otot pasca berolahraga. Tidak hanya itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa susu cokelat merupakan minuman terbaik dibandingkan minuman khusus olahraga pada umumnya.

2. Keju

Keju kerap dijadikan sebagai topping makanan yang memiliki rasa gurih dan lezat. Umumnya, keju dikonsumsi di pagi hari saat sarapan yang dicampurkan dengan roti tawar. Keju mengandung protein tinggi seperti asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi fisik pasca berolahraga. Oleh sebab itu, keju merupakan makanan yang juga disarankan untuk Anda cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

3. Telur

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 silam menunjukkan bahwa mengonsumsi telur pasca olahraga mampu mengoptimalkan proses pembentukan otot-otot tubuh. Akan tetapi, makan telur setelah olahraga ini manfaatnya akan terasa apabila Anda mengonsumsi telur secara utuh, dalam artian makan kuning beserta putihnya. Bahkan, kuning telur diklaim memiliki peran utama dalam pembentukan otot tersebut.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi guna mengetahui besaran porsi makan telur sehabis berolahraga yang tepat sesuai dengan kondisi fisik. Pasalnya, mengonsumsi telur terlalu sedikit atau berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

4. Ikan Tuna

Makan ikan tuna setelah olahraga juga sangat dianjurkan. Pasalnya, ikan tuna merupakan salah satu makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lantas, apa hubungan antar omega-3 dengan pemenuhan nutrisi pasca berolahraga?

Menurut studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Washington University School of Medicine, asam lemak omega-3 seperti yang terkandung di dalam ikan tuna efektif dalam membantu proses pembentukan otot sekaligus menambah ukuran sel otot, utamanya pada kelompok usia paruh baya.

Selain itu, mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak esensial seperti ikan tuna dan salmon menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2016 silam juga terbukti mampu mencegah terjadinya nyeri atau kram otot pasca melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, terlebih jika jenis olahraga yang dilakukan adalah olahraga berat.

5. Ubi

Sebagaimana telah disebutkan, makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah berolahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Pasalnya, karbohidrat berperan untuk mengembalikan glikogen yang habis akibat aktivitas olahraga. Selain itu karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga agar sisitem imun tubuh tetap berfungsi baik karena tak bisa dipungkiri, aktivitas fisik seperti berolahraga juga dapat menurunkan kualitas sistem pertahanan tubuh.

Nah, dari sekian banyak jenis makanan mengandung karbohidrat yang bisa Anda konsumsi pasca berolahraga, ubi adalah salah satunya. Anda bisa mengonsumsi ubi dengan cara direbus. Sebaliknya, hindari mengonsumsi ubi yang diolah dengan cara digoreng karena mengandung minyak jenuh yang bisa membawa dampak negatif bagi tubuh.

6. Gandum Utuh

Selain ubi, makanan mengandung karbohidrat lainnya yang juga cocok untuk Anda jadikan makanan setelah olahraga adalah gandum utuh. Selain karbohidrat, gandum utuh juga mengandung serat dan protein. Keduanya tentu juga merupakan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh sehabis berolahraga. Anda bisa mengonsumsi gandum dengan cara mencampurkannya dengan buah-buahan atau susu rendah lemak.

7. Buah-buahan

Jenis makanan yang satu ini sudah pasti tidak boleh Anda lewatkan untuk dikonsumsi setelah olahraga baik itu olahraga berat maupun olahraga ringan sekalipun. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan pada buah terkandung karbohidrat yang berfungsi untuk mereproduksi sel-sel glikogen yang telah terpakai selama berolahraga. Makan buah setelah olahraga bisa secara langsung, dijadikan jus, atau smoothie. Enak dan menyehatkan, bukan?

8. Teh Herbal

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 mengemukakan bahwasanya teh herbal mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang pasca melakukan aktivitas fisik dengan lebih cepat. Sayangnya, penelitian yang dilakukan masih belum bisa dikatakan kuat oleh karena keterbatasan objek penelitian. Studi lebih lanjut dibutuhkan untuk menguji seberapa besar efektivitasnya terhadap manusia.

Berapa Jarak Makan Setelah Olahraga?

Jarak makan setelah olahraga mungkin bisa berbeda-beda di tiap orang, tergantung dari seberapa tinggi intensitas olahraga yang dilakukan, jenis olahraga, pun kondisi tubuh. Akan tetapi, banyak ahli sepakat bahwa idealnya, aktivitas makan dapat dilakukan 45 menit pasca berolahraga. Anda bisa menanyakan hal ini lebih lanjut pada trainer atau dokter spesialis gizi.

Itu dia informasi mengenai makanan setelah olahraga yang bisa jadi referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat!

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *