6 Manfaat Permainan Tarik Tambang

6 Manfaat Permainan Tarik Tambang

Hanya dalam hitungan beberapa hari lagi, Bangsa Indonesia akan kembali menyambut Hari Kemerdekaan yang kali ini memasuki tahun ke-74. Bicara tentang Hari Kemerdekaan atau 17 Agustus-an, hal ini tak lepas dari tradisi lomba rakyat. Salah satu jenis lomba yang menarik perhatian adalah tarik tambang. Selain seru, ternyata ada manfaat permainan tarik tambang untuk kesehatan, lho!

Apa Itu Tarik Tambang ?

Tarik tambang adalah satu dari sekian banyak jenis permainan beregu yang sudah umum—bahkan wajib—dimainkan sebagai cabang lomba pada momen-momen seperti momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Permainan tarik tambang sudah dikenal bahkan sejak zaman penjajahan. Konon, bangsa Indonesia yang pada saat itu dijadikan pekerja paksa oleh Pemerintah Kolonial menjadikan tali tambang yang notabene digunakan untuk mengangkut bahan-bahan bangunan seperti pasir dan batu sebagai ‘mainan’ untuk mengisi waktu senggang, pun ajang adu kekuatan. Alhasil, jadilah lomba tarik tambang yang kini kita kenal.

Manfaat Permainan Tarik Tambang

Di balik keseruan yang diperlihatkan pada setiap gelaran lomba tarik tambang, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh para pemainnya. Apa saja manfaat permainan tarik tambang? Simak informasinya berikut ini.

1. Melatih Kekompakan

Manfaat permainan tarik tambang yang pertama adalah untuk melatih kekompakan. Mengingat lomba tarik tambang adalah permainan yang dilakukan secara beregu, maka pastinya butuh kekompakan dari masing-masing anggota tim agar dapat memenangkan perlombaan ini.

Kekompakan itu ditunjukkan saat anggota tim menentukan strategi, hingga saat ‘berjibaku’ menarik tali tambang. Nah, secara tidak langsung, kegiatan ini dapat melatih kekompakan di dalam sebuah tim, yang nantinya juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari.

2. Melatih Kepemimpinan (Leadership)

Di masing-masing regu, akan ada 1 (satu) orang yang bertindak sebagai pemimpin regu. Tugas dari si pemimpin regu ini mulai dari mengambil keputusan atas strategi apa yang nantinya akan digunakan, hingga menyemangati anggotanya agar dapat mengalahkan lawan.

Apabila kebetulan Anda menjadi pemimpin tim, maka hal ini tanpa disadari turut melatih jiwa kepemimpinan (leadership) di dalam diri. Setiap manusia punya potensi menjadi seorang pemimpin, tinggal bagaimana kita mau mengasahnya. Lomba tarik tambang ini adalah salah satu cara yang bisa membantu Anda mewujudkannya.

3. Menumbuhkan Daya Juang

Bermain tarik tambang tak cukup hanya mengandalkan tenaga, tapi juga semangat juang untuk dapat meraih kemenangan. Mungkin ini juga yang menjadi esensi dari lomba tarik tambang tersebut, mengingat kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tak lepas dari perjuangan penuh semangat dari para pahlawan.

Ini lantas menghasilkan manfaat permainan tarik tambang untuk menumbuhkan daya juang di dalam diri Anda, yang lagi-lagi, hal ini berguna di kehidupan sehari-hari. Tanpa ada daya juang yang tinggi, bagaimana kita bisa menjadi orang yang sukses, bukan?

4. Menumbuhkan Sikap Sportif

Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Hal ini juga berlaku untuk lomba tarik tambang. Hanya ada 2 (dua) kemungkinan yang akan Anda hadapi: menang atau kalah.

Di sinilah letak dari manfaat permainan tambang itu. Anda diajarkan untuk bisa bersikap sportif, baik ketika menang maupun kalah. Sikap sportif inilah yang diperlukan oleh semua manusia agar bisa tercipta harmoni di dalam kehidupan sosial.

5. Melatih Kekuatan Otot Tangan & Kaki

Sementara dari segi medis, manfaat permainan tarik tambang adalah untuk melatih kekuatan otot, utamanya otot tangan dan otot kaki. Pasalnya, lomba tarik tambang memang membutuhkan peran tangan (untuk menarik tali), dan kaki (untuk tumpuan tubuh).

Otot tangan dan otot kaki yang kuat tentu saja memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, yakni:

  • Keseimbangan tubuh lebih baik
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meminimalisir risiko cedera
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menambah kepercayaan diri
6. Menghilangkan Stres

Lomba tarik tambang menghadirkan suasana yang seru dan menggembirakan, apalagi jika tim Anda keluar sebagai pemenangnya. Hal ini secara tidak langsung membantu Anda untuk mengusir rasa stres yang mungkin sedang dialami.

Bersama dengan lomba khas 17 Agustus-an lainnya, tarik tambang bisa jadi solusi untuk Anda melepas penat akibat rutinitas sehari-hari.

Peraturan Tarik Tambang

Sesuai dengan namanya, lomba tarik tambang dilakukan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing terdiri dari 5-10 orang. Kedua tim lantas saling beradu kuat dalam menarik tali tambang untuk ‘membawa’ tim lawan melewati garis batas yang telah ditentukan.

Berikut adalah detail peraturan tarik tambang yang benar:
  • Terdiri dari 2 (dua) regu, masing-masing terdiri dari minimal 5 orang
  • Masing-masing regu saling berhadapan dengan dibatasi oleh garis pemisah
  • Masing-masing regu saling tarik-menarik tali tambang
  • Regu yang ‘tertarik’ hingga melewati garis pemisah dinyatakan kalah

Itu dia informasi mengenai manfaat permainan tarik tambang yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bermain guna menghindari cedera. Pun, jangan paksakan jika dirasa sudah tidak kuat. Selamat bermain!

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *