5 Trik mudah senam otak dan mental yang jarang di ketahui

5 Trik mudah senam otak dan mental yang jarang di ketahui

5 Trik mudah senam otak dan mental yang jarang di ketahui banyak orang. Fisik dan otot bukan hanya bagian dari diri manusia yang wajib melakukan latihan. Walaupun tubuh seseorang di katakan sehat jika otak dan mental nya sakit maka tidak akan bisa melakukan aktifitas dengan sempurna. Latihan otak dan mental membuat seseorang kuat secara lahir dan batin. Dalam melakukan dan melaksanakan kegiatan sehari-hari maka seseorang akan bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Berikut 5 Trik mudah senam otak dan mental yang jarang di ketahui :

1.Menyikat gigi pakai tangan yang jarang di pakai

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan sisi berlawanan dari otakmu (seperti dalam latihan ini) dapat menghasilkan memperluas jaringan sel otakmu. Sentuhan dari tangan itu akan merangsang substansi yang ada pada bagian korteks untuk mengontrol informasi. Latihan ini dilakukan melakukan aktivitas sikat gigi dengan arah kebalikan, contohnya jika kamu biasa mengoleskan dan menggosok gigi dengan tangan kanan maka bisa kmu ganti dengan tangan kiri.

2.Konsumsi makanan yang belum pernah

Tahukah kamu, sistem penciumanmu dapat membedakan jutaan bau dengan mengaktifkan kombinasi unik dari reseptor di hidungmu. Reseptor di hidung memiliki hubungan langsung dengan pusat emosi otakmu. Hal ini akan menciptakan aroma baru yang dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang tidak terduga. Latihan yang bisa kamu lakukan adalah mencoba masakan yang asing bagimu. Atau bisa juga kamu jelajahi beragam sayuran, bumbu, dan barang kemasan baru.

3.Mandi dengan mata tertutup

Saat mandi fungsi peraba dari tangan tidak terlalu ‘bermanfaat’. Dengan mata tertutup tanganmu akan benar-benar memfungsikan indra perabanya. Tangan akan merasakan beragam terstur dari tubuhmu dan mengirim pesan ke otakmu. Latihan bisa kamu lakukan dengan menutup mata saja saat mandi.

4.Senam neurobik seperti latihan silang

Menggabungkan indera fisik, penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran dengan “indera” emosional akan merangsang lebih banyak koneksi antar area otak yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang mampu membantu daya ingat. Selain itu juga membuat sel sekitarnya lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan. Cobalah lakukan latihan otak ini di rutinitas pagi atau waktu senggangmu. Rasakan perbedaan yang terjadi.

5.Lakukan proyek seni secara berkelompok

Kegiatan seni mampu mengaktifkan bagian nonverbal dan emosional korteks cerebral. Saat kamu menggambar, bagian otakmu yang biasanya berfungsi untuk memproses bentuk, warna, dan tekstur akan bereaksi. Rutinitas otakmu yang biasanya hanya menggunakan pemikiran logis dan linier akan bekerja dengan cara baru. Latihan yang bisa kamu lakukan bentuk sebuah kelompok. Kemudian minta setiap orang untuk menggambar sesuatu yang terkait dengan tema tertentu seperti musim, emosi, atau peristiwa yang baru terjadi.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *