5 tips tetap sehat di musim pancaroba yang jarang di ketahui

5 tips tetap sehat di musim pancaroba yang jarang di ketahui banyak orang. Indonesia adalah negara yang terletak di garis katulistiwa maka dari itu hanya memiliki 2 jenis cuaca saja. Musim hujan dan musim panas tapi terkadang cuaca bisa berubah tanpa bisa di prediksi yang di sebut dengan musim pancaroba. Dalam musim ini tubuh akan sulit beradaptasi dan bahkan bisa terserang penyakit jika tidak di persiapkan dengan baik. Musim pancaroba sangat subur akan pertumbulan kuman , bakteri serta serangga pembawa penyakit. Maka dari itu agar tidak terkena penyakit wajib melakukan pencegahan dan antisipasi agar melewati musim pancaroba dengan sehat dan nyaman.

Berikut 5 tips tetap sehat di musim pancaroba yang jarang di ketahui :

1.Tidur cukup dan nyenyak

Tidur nyenyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Banyak penelitian melakukan hal yang sama setiap hari untuk memastikan tidur yang nyenyak. Dia bangun pada waktu yang sama setiap pagi, menghindari kopi setelah tengah hari. Berolahraga setidaknya 20 menit sehari. Menghindari lampu-lampu komputer dan gadget yang terang, setidaknya satu jam sebelum tidur.

2.Konsumsi makanan alami penguat sistem imun

Makanan berikut telah terbukti dapat mencegah masuk angin dan flu. Masuk angin dan flu sering menyerang orang pada saat musim pancaroba. Hal itu karena sebagian besar seseorang akan kehilangan kekebalan tubuh saat musim pancaroba. Berikut makanan penambah kekebalan tubuh: salmon, tiram, bawang putih, jeruk, adas, yogurt, kefir, teh, paprika merah, jamur, sayuran berdaun hijau, blueberry, cokelat hitam, wortel, ubi, dan oat.

3.Perbanyak minum air putih

Pada musim pancaroba cenderung saluran hidung dan tenggorokan mengering. Saluran hidung dan tenggorokan kering merupakan tempat paling disukai oleh bakteri. Setiap bangun tidur, pastikan meminum segelas air bersuhu ruangan. Jus lemon juga lebih bagus. Jus lemon mengandung vitamin C yang akan membantu pulih dari pilek dan flu lebih cepat.

4.Pencegahan alergi

Jika memiliki alergi musiman, carilah tahu mengenai alergimu itu. Mempelajari alergi dapat membantu menangani atau menghidari kemungkinan terburuk saat musim pancaroba. Menutup jendela dan minta orang lain untuk memotong rumput atau berkebun bisa melindungi kamu yang alergi alergi serbuk sari. Jika merasakan gejala alergimu akan kambuh segeralah minum obat atau menemui dokter.

5.Waspada terhadap kuman

Jika ingin benar-benar tetap sehat, pastikan selalu mewaspadai kuman di sekitar. Kuman berada di mana saja, misal di alat olahraga, pena di teller bank, pagar, pintu, keranjang belanja, bahkan di ponsel kamu. Pastikan sebelum beristirahat kamu membersihkan diri terlebih dahulu.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *