5 Tips membersihkan usus besar secara alami

5 Tips membersihkan usus besar secara alami

5 Tips membersihkan usus besar secara alami yang jarang di ketahui banyak orang. Usus besar adalah salah satu organ penting pencernaam tubuh manusia. Tanpa usus besar yang sehat dan bersih maka akan ada banyak masalah yang di alami perut tersebut. Usus besar memiliki banyak kendala dalam membersihkan segala jenis makanan dan minuman yang masuk tanpa di pilih terlebih dahulu. Akan ada banyak masalah yang timbul saat usus besar selalu di berikan asupan yang tidak sehat.

Berikut 5 Tips membersihkan usus besar secara alami :

1.Minum teh herbal alami

Teh herbal dikatakan bermanfaat untuk membersihkan usus besar. Menurut sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh para peneliti Australia, ada hubungan antara konsumsi teh herbal dan risiko kanker usus yang lebih rendah. Ramuan pencahar seperti psyllium, lidah buaya, dan akar marshmallow dapat membantu mengatasi sembelit. Tapi kadang-kadang ramuan ini bisa berbahaya.

2.Perbanyak minum air putih secara berkala

Asupan cairan yang rendah merupakan penyebab umum dari sembelit. Jadi minum 1,5 hingga 2 liter air setiap hari dapat mencegah sembelit. Cara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan adalah makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi, seperti mentimun, zucchini, seledri, tomat, melon, dan stroberi.

3.Perbanyak konsumsi probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mencegah dan mungkin mengobati kanker usus besar. Bakteri baik ini menghentikan peradangan dan meningkatkan konsistensi pergerakan usus. Probiotik tingkat tinggi ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt Yunani, cuka sari apel, kimchi, miso, kombucha, dan beberapa jenis keju.

4.Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan kaya serat dapat berperan pada pengurangan risiko kanker usus besar. Selain itu, makanan berserat tinggi memberi makan bakteri “baik” di usus yang membantu mengurangi peradangan usus dan memperbaiki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa. Beberapa makanan tinggi serat adalah raspberry, kacang hijau, brokoli, lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

5.Perbanyak konsumsi vitamin C alami

Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Yang mana dapat dapat membantu membersihkan usus besar. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015 smoothie lemon ampuh membersihkan usus besar.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *