5 manfaat minum kunir asem yang jarang di ketahui

5 manfaat minum kunir asem yang jarang di ketahui banyak orang. Kunir asem adalah sebuah jamu khas tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Sebelum ada banyak obat-obatan laboratorium di pasaran minuman jamu ini lah yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Maka tidak jarang orang-orang tua zaman dahulu bisa hidup lebih panjang dari pada orang tua sekarang. Kunir asem adalah gabungan dari kunyi dan asem jawa yang di olah secara langsung tanpa campuran bahan kimia ataupun pemanis buatan. Maka dari itu sebagai jamu tradisional lebih mudah di serap tubuh dan bisa bermanfaat secara langsung tanpa memberikan beban pada tubuh itu sendiri.

Berikut 5 manfaat minum kunir asem yang jarang di ketahui :

1.Meredakan rasa sakit nyeri menstruasi

Selain obat pelancar haid, ternyata manfaat kunir asem adalah meredakan nyeri akibat “tamu bulanan” ini. Lagi-lagi, kandungan curcumin dalam jamu kunyit asam dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin. Tak hanya itu, asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

2.Menurunkan resiko penyakit jantung

Masih karena fungsinya sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin sangat bermanfaat bagi penderita sakit jantung. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung bisa menekan risiko komplikasi hingga 17 persen.

3.Mengatur tingkat gula darah

Penderita diabetes tentu punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka. Sejak dulu, jamu kunyit asam kerap direkomendasikan bagi penderita diabetes.

4.Menyehatkan otak

Menurunnya fungsi otak dapat menyebabkan masalah seperti depresi atau Alzheimer. Menariknya, curcumin dalam jamu kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga fungsi otak meningkat dan tidak rentan terkena penyakit otak.

5.Membantu membakar lemak

5 Tips Membiasakan Lari Sebagai Bagian Gaya Hidup

Bagi mereka yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman yang sehat. Manfaat kunir asem bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respon peradangan pada sel tubuh. Dengan terjaganya kadar gula darah serta kolesterol, maka dapat menghindari kenaikan berat badan drastis. Risiko mengalami obesitas juga dapat ditekan.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *