5 khasiat konsumsi buah plum yang jarang di ketahui

5 khasiat konsumsi buah plum yang jarang di ketahui

5 khasiat konsumsi buah plum yang jarang di ketahui banyak orang. Buah plum sangat jarang di dengar oleh banyak orang di indonesia. Buah ini tidak terlalu terkenal dan jarang di jelaskan kepada masyarakat tentang khasiat kesehatan nya. Berbeda dengan jeruk dan pisang yang selalu di jelaskan sejak kecil. Sebenar nya buah plum tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan tapi juga memiliki rasa manis yang tidak kalah dengan buah-buah populer.

Berikut 5 khasiat konsumsi buah plum yang jarang di ketahui :

1.Memiliki banyak Antioksidan

Buah-buahan ini mengandung vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenat. Komponen-komponen tersebut memiliki kualitas antioksidan yang efektif yang membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut radikal anion superoksida. Peneliti di Perancis, menyimpulkan bahwa fenol yang ada di plum juga memperluas efek perlindungan terhadap lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

2.Mencegah Osteoporosis

Konsumsi buah plum kering memberikan tindakan anabolik dan anti-resorptif, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung di dalamnya membantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause. Polifenol, bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah prem kering, mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Yang menunjukkan bahwa konsumsi buah plum kering secara teratur membantu dalam pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang akibat penuaan.

3.Membuat sistem saraf sehat

Plum mengandung vitamin B6, yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran sistem saraf. Plum juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Tryptophan, asam amino yang ada di dalamnya, membantu produksi neurotransmitter serotonin, yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.

4.Menurunkan Tingkat Kolesterol

Plum atau plum kering membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Peneliti telah membuktikan kemanjuran buah plum dibandingkan jus anggur dalam mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung. Dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

5.Melancarkan pencernaan

Plum merupakan sumber serat makanan yang baik, bersama dengan komponen sorbitol dan isatin, yang membantu dalam mengatur sistem pencernaan. Banyak peneliti telah menyimpulkan bahwa plum atau plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan. Seperti sembelit dibandingkan dengan obat lain. Sorbitol dan isatin memiliki efek pencahar dan mendorong sekresi cairan dalam usus dan meningkatkan pembilasan limbah secara efisien melalui usus besar.

adm

One thought on “5 khasiat konsumsi buah plum yang jarang di ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *