5 efek buruk duduk terlalu lama yang jarang di ketahui

5 efek buruk duduk terlalu lama yang jarang di ketahui

5 efek buruk duduk terlalu lama yang jarang di ketahui banyak orang di dunia. Di zaman modern sekarang ini pekerjaan orang semakin banyak yang lebih di meja dari pada di lapangan. Seperti orang kantoran yang mengerjakan semua nya di meja kantor sambil duduk. Banyak orang tidak tahu bahwa tubuh manusia itu di ciptakan untuk mobilitas yang tinggi zejak zaman dahulu. Jika mobilitas ini tidak di optimal kan maka akan ada dampak buruk yang akan di terima tubuh. Termasuk duduk terlalu lama yang membuat mobilitas menurun.

Berikut 5 efek buruk duduk terlalu lama yang jarang di ketahui :

1.Memperbesar resiko kanker

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan risiko kanker paru-paru sebanyak 54%, kanker kolon sebanyak 30% dan kanker dinding rahi sebanyak 66%. ini terjadi saat kita duduk, kita tidak bergerak dengan aktif sehingga antioksidan tidak bekerja dnegan baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, jika kita terlalu lama duduk akan menyebabkan penambahan berat badan, disfungsi metabolik, disfungsi leptin dan perubahan hormon.

2.Menyebabkan obesitas

Duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan obesitas karena kadar trigliserida dalam tubuh tidak banyak digunakan menjadi energi sehingga dapat menyebabkan obesitas. Menurut penelitian, orang yang mengalami obesitas adalah orang yang duduk lebih lama dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal.

3.Menyebabkan degenerasi otot

Duduk terlalu lama akan menyebabkan degenerasi otot atau pelemahan otot. Selain itu, duduk terlalu lama juga akan menyebabkan sakit pinggang karena otot-otot di bagian pinggang akan menjadi kaku dan bergerak sangat terbatas. Sakit pinggang juga akan menurunkan mobilitas otot yang dapat menyebabkan orang akan terjatuh saat berjalan.

4.Menyebabkan kadar kolesterol tinggi

Bahwa duduk 2 jam akan meningkatkan kadar trigliserida hingga 11% dibandingkan dengan berdiri. Hal ini juga berpengaruh dengan kolesterol dalam tubuh dan risiko penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

5.Memperlambat pencernaan

Jika setelah makan siang lalu kita langsung kembali duduk dibelakang meja, itu akan memperlambt pencernaan. Duduk terlalu lama akan menyebabkan isi perut tertekan dan memprlambat proses pencernaan. Dengan pencernaan yang lambat, keluhan lain bisa ditimbulkan seperti perut kram, kembung, konstipasi dan ketidakseimbangan mikroba baik yang membantu pencernaan.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *