5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Pojokkopi.com – 5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes / Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena kadar glukosa darah terlalu tinggi melebihi batas normalnya. Glukosa darah merupakan sumber energi yang ada pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.

5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Diet sehat yang dianjurkan bagi para penderita diabetes adalah rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan membatasi konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi, seperti nasi dan roti putih. Nah, berikut ini 5 buah yang wajib dihindari para penderita diabetes, karena kandungan karbohidrat dan indeks glikemiknya yang cukup tinggi.

Pisang

5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Sebagaimana kita ketahui, buah pisang memiliki rasa yang manis dan bisa mengenyangkan perut. Padahal, makanan dengan rasa manis cenderung dihindari oleh penderita diabetes karena mereka khawatir jika makanan ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang berbahaya.

Mangga

5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi dari 2015 menyelidiki efek mangga terhadap gula darah pada orang dengan prediabetes. Responden yang mengonsumsi 10 gram mangga beku atau kering setiap hari selama 12 minggu, mengalami penurunan glukosa darah dan peningkatan kadar insulin. Sementara yang tidak makan mangga, tidak mengalami perubahan ini. Jadi, dapat disimpulkan buah mangga untuk diebetes cukup efektif.

Nanas

____________________ LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH ____________________

Selain pisang dan mangga, buah nanas juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi lho. Apalagi jika nanas sudah matang, maka indeks glikemiknya akan lebih tinggi lagi. Bahkan indeks glikemik yang dimiliki oleh buah nanas lebih tinggi dari indeks glikemik pisang dan mangga lho, yaitu 59, sedangkan indeks glikemik yang dimiliki pisang dan mangga hanya 51.

Anggur

Makan anggur dapat membantu menurunkan risiko Anda mengalami peningkatan kadar trigliserida, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan sindrom metabolik, menurut penelitian di University of Michigan. Hal ini membuat anggur menjadi pilihan sehat untuk salah satu dari dua porsi buah yang direkomendasikan per hari. Sebaiknya pilihlah buah yang rendah glukosa dan minim karbohidrat agar kadar gula dalam darah dapat tetap terkontrol.

Buah kering

5 Buah Ini Berbahaya untuk Penderita Diabetes

 

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik kesehatan tubuh. Namun, buah-buahan yang dikeringkan menjadi lebih terkonsentrasi dalam gula, dan kandungan karbohidratnya tiga kali lebih banyak daripada buah yang segar. Sebaiknya hindari mengonsumsi buah kering, dan memilih buah-buahan yang rendah kadar glukosanya, agar kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *