13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat telur bebek yang mungkin belum Anda ketahui. Telur bebek mengandung protein, vitamin A, B, D, E, dan mineral penting lainnya. Ketahui lebih lengkap tentang kandungan telur bebek, khasiat, dan efek sampingnya

Kandungan Telur Bebek

Telur bebek kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral penting untuk meningkatkan fungsi tubuh. Ketahui apa saja kandungan telur bebek, sebagai berikut:

  • 185 gram kalori
  • 13 gram protein
  • 14 gram lemak
  • 1 gram karbohidrat
  • 263 miligram kolin
Telur bebek (70 gram) juga memenuhi:
  • 9% kebutuhan harian vitamin A
  • 7% kebutuhan harian vitamin B1 (tiamin)
  • 17% kebutuhan harian vitamin B2 (riboflavin)
  • 13% kebutuhan harian vitamin B5 (asam pantotenat)
  • 14% kebutuhan harian vitamin B9 (asam folat)
  • 63% kebutuhan harian vitamin B12
  • 5% kebutuhan harian vitamin E
  • 24% kebutuhan harian vitamin D
  • 15% kebutuhan harian zat besi
  • 15% kebutuhan harian fosfor
  • 7% kebutuhan harian zinc
  • 36% kebutuhan harian selenium
  • 33% kebutuhan harian kolin

Selain itu, bagian putih telur bebek juga dipercaya memiliki senyawa yang bersifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Sementara bagian telur kuningnya kaya akan antioksidan.

Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan Tubuh

Anda mungkin suka makan telur bebek dalam berbagai olahan seperti telur asin, martabak, omelet, opor, dan lainnya. Selain enak dan gurih, telur bebek juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Ketahui khasiat telur bebek, sebagai berikut:

1. Sumber Antioksidan

Berdasarkan studi yang tertulis dalam Biochemical and Biophysical Research Communications Journal pada tahun 2014, putih telur pada telur bebek mengandung berbagai turunan antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah paparan radikal bebas.

Selain itu, bagian kuning pada telur bebek juga mengandung senyawa antioksidan karoten untuk melindungi DNA dan sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif pada sel tubuh dapat memicu penyakit kronis terkait usia termasuk penyakit jantung dan kondisi neurodegeneratif.

2. Sumber Kolin

Kuning telur bebek yang berwarna kuning-oranye mengandung kolin dan lesitin. Manfaat kolin adalah untuk mendukung kesehatan dan fungsi otak, sistem saraf, membran sel, dan neurotransmitter. Berdasarkan penelitian, 2.200 orang dewasa yang memenuhi kebutuhan kolin dalam darah memiliki fungsi otak yang lebih baik.

3. Sumber Karotenoid

Manfaat telur bebek selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan mata. Kuning telur bebek kaya akan karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein yang berperan untuk mencegah katarak dan degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (ARMD). Selain itu, kombinasi kandungan ini juga dapat mencegah penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

4. Sumber Vitamin B12

Telur bebek juga kaya akan vitamin B12 (kobalamin). Manfaat vitamin B12 adalah untuk memelihara kesehatan sel darah merah, sistem saraf, dan sintesis DNA. Kekurangan vitamin B12 akan mengganggu keseimbangan, memori, serta menyebabkan kelelahan. Jadi, Anda dapat memenuhi sekitar 63% kebutuhan vitamin B12 harian dengan konsumsi satu butir telur bebek.

5. Sumber Selenium

Fungsi selenium bagi tubuh adalah untuk mengatur hormon metabolisme dan memperbaiki kerusakan sintesis DNA. Selenium juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit kronis termasuk risiko kanker dan penyakit jantung. Anda dapat memenuhi sekitar 36% kebutuhan harian selenium dari sebutir telur bebek.

6. Sumber Vitamin B2

Khasiat telur bebek selanjutnya adalah untuk mendukung perkembangan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, telur bebek mengandung vitamin B2 yang membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Vitamin B2 (riboflavin) juga bagus untuk kesehatan mata, darah, dan sel tubuh.

7. Sumber Vitamin D

Telur bebek mengandung sekitar 24% kebutuhan vitamin D harian. Fungsi vitamin D dalam tubuh adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang, otot, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga sangat dibutuhkan anak-anak dalam proses pertumbuhan.

8. Sumber Protein

Protein adalah komponen utama bagi tubuh untuk memelihara kesehatan organ dalam, sel, otot, hingga kecantikan kulit. Anda harus memenuhi kebutuhan protein harian untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dari berbagai sumber makanan seperti daging, susu, ikan, kacang-kacangan, telur ayam, atau telur bebek, dll.

9. Sumber Vitamin A

Berdasarkan University of Maryland Medical Centre, manfaat vitamin A adalah untuk memelihara fungsi visual, meningkatkan sistem imun, kesehatan tulang, gigi, serta melawan radikal bebas. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian dengan konsumsi buah, sayur, atau telur bebek.

10. Sumber Vitamin E

Satu butir telur bebek mentah berukuran besar mengandung sekitar 0,9 gram vitamin E. Fungsi vitamin E adalah untuk melancarkan sistem pencernaan serta membantu tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan risiko penyakit kanker.

11. Sumber Mineral

Telur bebek adalah sumber mineral yang penting untuk tubuh, termasuk:

  • Fosfor
  • Kalsium
  • Potasium
  • Zat besi

Fungsi mineral adalah untuk membantu tubuh berkembang dan memelihara fungsi organ tubuh secara keseluruhan. Berbagai mineral juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon dan menjaga detak jantung sehat.

12. Sumber Vitamin B5

Manfaat telur bebek lainnya adalah untuk memproduksi energi dan menjaga fungsi kesehatan mental Anda. Fungsi tersebut didapat dari kandungan vitamin B5 (asam pantotenat) dalam telur bebek. Vitamin B5 juga berperan dalam memproduksi sel darah dan membuat tubuh menjadi segar bugar.

13. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, konsumsi telur bebek dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

Proses ini terjadi karena putih telur bebek mengandung peptida yang merupakan salah satu jenis asam amino. Peptida akan membantu menyerap mineral esensial untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan seluruh tubuh.

Efek Samping Telur Bebek

Pada dasarnya, telur bebek adalah makanan sehat namun ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi, seperti:

Alergi, siapapun yang memiliki alergi telur sebaiknya tidak mengonsumsi telur bebek.
Penderita penyakit jantung, telur bebek mengandung kolesterol tinggi (kolesterol jahat) jadi tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan riwayat sakit jantung dan diabetes.

Infeksi Salmonella, konsumsi telur bebek mentah tidak dianjurkan karena berisiko tinggi menyebabkan infeksi Salmonella.
Itulah risiko efek samping telur bebek yang mungkin terjadi. Walaupun ada berbagai khasiat telur bebek untuk kesehatan, Anda harus berhati-hati dan mengonsumsinya terutama bila memiliki riwayat alergi telur atau penyakit kardiovaskular.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *