10 Manfaat Teh Lavender bagi Kesehatan dan Kandungannya

10 Manfaat Teh Lavender bagi Kesehatan dan Kandungannya

Ada beberapa manfaat teh lavender yang dipercaya sebagian besar orang, seperti untuk mengatasi gangguan kegelisahan, kelelahan, stres, hingga membantu menyembuhkan insomnia. Ketahui apa saja khasiat teh lavender, kandungan nutrisi, dan efek sampingnya.

Kandungan Nutrisi Teh Lavender

Teh lavender dipercaya memiliki manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi alami di dalamnya, yaitu:

  • Kalsium
  • Vitamin
  • Zat besi
  • Senyawa fenolik
  • Linalool
  • Rendah kalori
  • Rendah lemak
  • Rendah kolesterol

Sementara penelitian tentang kandungan nutrisi lain yang mungkin terkandung dalam bunga lavender masih dibutuhkan. Selain diolah menjadi teh, obat herbal, lavender juga digunakan sebagai minyak esensial untuk tujuan kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Teh Lavender bagi Kesehatan

Teh lavender dibuat dari tunas lavender berwarna ungu yang dikeringkan. Teh lavender telah lama digunakan sebagai teh herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti masalah depresi, insomnia, kelelahan, dan kecemasan.

Ketahui apa saja manfaat teh bunga lavender, sebagai berikut:

1. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Manfaat teh bunga lavender dan ekstraknya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Berdasarkan studi, minyak lavender memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, luka, dan psoriasis.

Selain itu, kandungan lavender juga dapat membantu menyembuhkan luka kulit lebih cepat. Ekstrak lavender dapat mendorong sintesis kolagen protein struktural kulit. Walaupun demikian, masih banyak penelitian yang dibutuhkan untuk memastikan khasiat teh lavender ini.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebagian orang juga menggunakan minyak dan teh lavender untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Lavender memiliki efek aromaterapi alami yang dapat menenangkan perasaan Anda dan membuat Anda lebih cepat tidur nyenyak.

Apabila Anda memiliki gangguan tidur insomnia ringan, minum teh lavender hangat sebelum jam tidur dapat membantu membuat Anda terlelap dan tenang. Selain itu, lavender juga dapat melancarkan pernapasan selama tidur.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Lavender terkenal dengan agen aromaterapi alami yang kuat dan sangat menenangkan. Berdasarkan studi, lavender dapat merangsang aktivitas area di otak yang bertugas untuk mengatur transmisi impuls antara sel-sel otak yang berefek pada peningkatan dan ketenangan suasana hati.

Berdasarkan studi yang dilakukan di Taiwan, 80 ibu yang minum 1 cangkir teh lavender setiap hari selama dua minggu merasa mengalami kelelahan dan depresi yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh herbal ini.

Apabila Anda memiliki hari yang buruk atau sedang sedih, Anda dapat membantu mengatasinya dengan minum teh lavender hangat. Anda juga dapat menggunakan aromaterapi lavender atau minyak esensial lavender.

4. Mengatasi Nyeri Menstruasi

Sebagian besar wanita mengalami nyeri menstruasi (dismenore) mulai dari intensitas nyeri ringan hingga sedang. Anda dapat mengatasinya dengan minum teh lavender yang aromanya dapat menenangkan perut dan perasaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak lavender untuk pijat dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi. Walaupun demikian, belum ada penelitian tentang khasiat teh lavender secara medis, diduga ini hanya efek plasebo.

5. Mengatasi Luka

Berdasarkan studi, lavender memiliki efek akselerasi pada penyembuhan luka. Minyak lavender sering digunakan untuk membalut luka di kulit, namun belum ada studi lebih lanjut tentang apakah teh lavender juga memiliki efek penyembuhan luka yang sama.

6. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Manfaat teh bunga lavender selanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan kecemasan dan stres. Lavender mengandung komponen aktif dan senyawa aromaterapi yang dapat merangsang neurotransmitter di otak untuk menenangkan dan menyeimbangkan hormon stres.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Apabila Anda mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut biasa, Anda dapat membantu mengatasinya dengan minum teh lavender hangat. Berdasarkan studi, terh lavender dapat mengurangi peradangan, merangsang pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral di usus Anda.

8. Mengatasi Inflamasi

Beberapa efek peradangan ringan seperti nyeri, radang sendi, demam, atau sakit kepala dapat diatasi dengan minum teh lavender. Teh lavender mungkin tidak menyembuhkan gejala tersebut, namun dapat membantu mengurangi gejala dan peradangan pada tubuh Anda.

9. Aromaterapi

Minum teh lavender hangat di malam hari atau setelah aktivitas yang melelahkan dapat membantu Anda merasa tenang. Lavender adalah salah satu aromaterapi yang banyak diandalkan untuk menenangkan perasaan serta relaksasi.

10. Menenangkan Nyeri Pasca Operasi

Khasiat teh lavender selanjutnya adalah untuk menenangkan pasien pasca operasi. Beberapa studi menunjukan bukti bahwa menghirup aroma lavender dapat mengurangi rasa sakit pada wanita pasca melakukan operasi caesar.

Selain itu, aroma hangat dan menenangkan dari ekstrak lavender juga dapat mengurangi rasa sakit pada pasien anak-anak setelah operasi amandel. Pada dasarnya, lavender baik dalam bentuk minyak esensial atau teh memiliki efek aromaterapi yang menenangkan.

Efek Samping Teh Lavender

Tidak ada laporan efek samping minum teh lavender. Teh lavender cenderung aman dikonsumsi oleh siapa saja, namun Anda mungkin harus berhati-hati bila memiliki riwayat alergi bunga ragweed, krisan, marigold dan aster.

Teh lavender umumnya dikombinasikan dengan chamomile. Chamomile dapat meningkatkan sifat antikoagulan dari obat pengencer darah seperti warfarin sehingga Anda sebaiknya tidak minum teh ini bila sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Itulah manfaat teh lavender bagi kesehatan. Anda dapat meraciknya dengan tambahan madu atau susu untuk rasa yang lebih nikmat. Anda dapat mengonsumsinya untuk menghilangkan rasa lelah, gelisah, atau stres sehari-hari.

adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *